7 Manfaat Internet bagi Pelajar yang Memicu Kecerdasan

Tidak dapat dipungkiri bahwa internet sangat bermanfaat bagi siapa saja. Dulu internet lebih didominasi oleh para pebisnis, pejabat negara atau karyawan kantor. Karena mereka lah yang sering berinteraksi dengan computer atau laptop. Namun sekarang hal itu telah berubah bahkan para pelajar pun telah mendapatkan manfaatnya.

Salah satu yang mudah diketahui adalah kepemilikan komputer dengan koneksi internetnya telah menyebar dikalangan masyarakat. Oleh karena itu tidak mengejutkan jika internet sudah memasuki dunia pendidikan. Dari sekedar belajar Microsoft word atau Microsoft exel telah meningkat menjadi pengguna internet dengan beragam keuntungan.

Tentu saja ini merupakan berita gembira bagi para pelajar. Di samping perkembangan jaman yang bergerak cepat para pelajar dituntut memaksimalkan keberadaan internet untuk hal-hal yang positif. Setidaknya 7 manfaat internet ini akan membuat pelajar menjadi pelajar yang lebih unggul dan kompetitif.

7 Manfaat Internet bagi Pelajar yang Memicu Kecerdasan


Manfaat Internet bagi Pelajar yang Memicu Kecerdasan


1. Memperluas Wawasan dan Memperdalam Pengetahuan

Internet adalah gudangnya ilmu pengetahuan. Tidak peduli anda mencari ilmu yang bagaimana, model apa, atau seperti apa semua tersedia gratis untuk dipelajari.

Salah satu contoh anda ingin mencari informasi tentang piramida di Mesir, menara Eifeel di Perancis, atau Ka’bah di Arab Saudi. Dengan mudahnya anda dapat mengetahui sejarah pembuatannya, bagaimana fungsi dan kegunaannya, kapan dibangunnya dan lain-lain.

Atau informasi tentang flora dan fauna, masakan khas daerah, pakaian daerah, bintang-bintang, iklim atau cuaca. Selain itu anda bisa juga mendapatkan informasi tentang sebab terjadinya banjir, gempa, tsunami, angin topan, atau tanah longsor.

Di samping itu anda tidak perlu takut karena referensi sumber berita berasal dari berbagai situs mulai dari situs pemerintah, organisasi, berita online atau blog pribadi. Semua mengacu pada efek manfaat yang dapat diambil oleh pembaca.

Memperhatikan hal-hal tersebut maka menggali informasi yang banyak dari internet adalah tepat. Jika anda hanya fokus pada materi pelajaran disekolah anda akan ketinggalan informasi.
Pendidikan disekolah memang penting, tetapi jika ada kesempatan memperoleh ilmu tambahan akan lebih sempurna. Membatasi ilmu dari buku pelajaran tidak akan cukup menghadapi perkembangan jaman. Oleh karena itu kejarlah ilmu pengetahuan sebelum dirimu ditinggalkan oleh ilmu tersebut.

2.  Sarana Pembelajaran Online

Sudah menjadi rahasia umum jika orang tua ingin melihat anaknya juara kelas. Oleh karena iu mereka mulai mencari cara alternatif sebagai media pendukung yaitu bimbingan belajar. Bimbingan belajar atau sering disebut les di luar sekolah ini membutuhkan biaya yang lumayan besar.  Maka tidak heran jika hanya kelas menengah ke atas saja yang bisa melakukannya.

Namun demikian bukan berarti mereka akan lebih pandai dari orang lain. Bahkan orang miskin banyak yang menjadi juara kelas. Apa penyebabnya?

Pada kenyataanya untuk menjadi juara kelas pelajaran disekolah saja tidaklah cukup. Dibutuhkan alternatif yang efektif. Untuk bimbingan belajar tidak mungkin, mahal. Maka intenet menjadi solusi yang paling mudah. Mengapa harus internet?

Tidak diragukan lagi bahwa internet menjadi titik awal tersebarnya informasi secara gratis secara online. Oleh karena itu sangat cocok jika menjadikan internet sebagai sarana belajar.
Banyak pelajaran yang bisa digali dari internet seperti pelajaran bahasa Indonesia, Inggris, sejarah, kebudayaan, psikologi, fisika, kimia, biologi, administrasi, akuntansi dan sebagainya.

Selain bacaan internet juga menyediakan pembahasan secara praktek melalui video, mp3, atau gambar. Jelas sekali jika semua metode tersebut digabungkan akan menjadi luar biasa dan bukan mustahil predikat juara kelas dapat diraih tanpa biaya mahal.

3.  Sarana Berkomunikasi

Satu hal yang pasti bahwa manusia ingin serba praktis dan ekonomis begitu pula masalah komunikasi. Dahulu sebelum ada internet orang berkomunikasi secara langsung atau surat.
Seiring kemajuan teknologi ditemukan cara yang lebih praktis yaitu dengan pager, telepon dan handphone. Pada jamannya alat ini sangat populer dan hanya orang tertentu yang memilikinya.

Sayangnya biaya yang mahal menjadi kendala berkomunikasi. Biaya ini terlihat jelas dari perbedaan tarif antara intern negara dengan antar negara. Tarif dapat meningkat lebih dari 100%.
Berita baiknya kehadiran internet menjadi primadona baru dalam berkomunikasi. Tidak hanya menimpa para pelaku bisnis, pemerintah bahkan para pelajar mulai mengaguminya.

Terlepas dari perbedaan negara dan jauhnya wilayah internet tidak mempermasalahkannya. Semua dapat berkomunikasi secara bebas dan gratis. Seorang pelajar dapat berkomunikasi dengan pelajar disekolah lain dengan begitu cepat dan mudah.

Selain itu anda dapat berkomunikasi dengan pelajar dari negara lain. Dengan berbagi ilmu dan pengalaman anda bisa mempermudah jalan menuju kesuksesan.

4.  Sarana Belajar Menulis

Dengan adanya internet dunia tulis menulis menjadi lebih hidup dan bervariasi. Selain media membaca online internet juga dapat dimanfaatkan untuk menulis. Dari sekian banyak media mengekspresikan tulisan hanya internet yang sangat cocok untuk pemula.

Berkaitan dengan hal tersebut membuat blog pribadi adalah cara yang paling efektif. Di samping penyedia situs membuat blog gratis beraneka ragam didukung juga dengan peluang tulisan tampil disearch engine. Tentunya ini menjadi sarana untuk memperkenalkan sebuah karya jurnalistik yang dapat disaksikan oleh para pengguna internet.

Jika karya tulis anda diterima baik bukan tidak mungkin suatu saat anda dapat menwarkannya pada penerbit. Penerbit tidak melihat siapa penulisnya, tetapi memperhatikan potensi masyarakat terhadap tulisan tersebut. Oleh karena itu jangan ragu untuk memulai sebuah blog pribadi.

5.  Sarana Mengikuti Lomba Secara Online

Telah disinggung di atas bahwa internet berfungsi untuk media belajar menulis. Meskipun begitu ternyata internet juga bisa dimanfaatkan untuk ajang perlombaan.

Dalam beberapa tahun belakangan sudah bermunculan lomba-lomba yang sangat kompetitif. Ada bermacam lomba yang dapat anda ikuti seperti lomba menulis surat, menulis cerpen atau novel.

Selain itu bagi anda yang mempunyai hobi menggambar mengikuti lomba desain dan poster bisa menjadi pengisi waktu luang. Begitu juga dengan lomba fotografi, film, maupun kontes SEO sudah menjadi santapan rutin sebagian pengguna internet setiap tahun. Oleh karena itu memanfaatkan internet secara luas akan menambah pengalaman dan kemandirian anda pada masa mendatang.

6.  Sarana Mengajukan Beasiswa

Sudah menjadi kebiasaan bahwa hampir semua negara menyiapkan beasiswa untuk pelajar. Banyaknya kuota yang disediakan tentu saja berbeda-beda tergantung kebutuhan masing-masing kementerian.

Pada masa sekarang ini setiap pelajar dituntut memperoleh pendidikan yang lebih tinggi. Tidak hanya terbatas pada pendidikan SMP dan SMA/SMK. Terlebih lagi untuk menghadapi pasar bebas yang mengharuskan setiap orang lebih kompetitif.

Jangan disudutkan oleh pikiran banyak orang yang berasumsi pendidikan sangat mahal. Tidak semua pendidikan mengharuskan peserta didiknya membayar uang kuliah. Itu semua karena kucuran beasiswa yang besar dari pemerintah.

Perlu diketahui bahwa setiap tahun pemerintah menyediakan kuota beasiswa puluhan ribu untuk para pelajar. Meskipun hanya mencukupi beberapa persen (%) saja dari pelajar yang lulus. Namun peluang ini tidak boleh disia-siakan.

Bagi pelajar yang akan lulus SMA/SMK jangan ragu-ragu mendaftar mengikuti program tersebut. Jangan takut hanya karena miskin. Anda harus yakin bahwa takdir setiap orang dapat dirubah dengan usaha dan do’a.

7. Merangsang Diri Menguasai Bahasa Asing

Dengan mengakses internet maka seorang pelajar bisa mengetahui negara-negara mana saja yang mengalami kemajuan paling pesat dan punya pengaruh kuat di dunia. Tentu saja ketika hal itu diketahui maka ada kemungkinan suatu saat berencana untuk berkunjung ke negara tersebut. Apalagi jika mereka juga tertarik budaya atau tempat wisata di negara tersebut.

Dari sini maka secara naluri mereka akan terpicu untuk mempelajari Bahasa asing berdasarkan negara yang mereka impikan untuk dikunjungi. Makanya tidak heran jika ketika pelajar membuka internet entah itu berupa video, tulisan atau apapun itu mereka merasa tertarik untuk memahami bahasa asing tersebut.

Apabila ini terus berlanjut maka bukan tidak mungkin suatu saat mereka bisa sedikit banyak mengucapkan Bahasa asing tersebut dan mengetahui makna perkataannya.

Kesimpulan
Seharusnya keberadaan internet diprioritaskan untuk hal-hal yang bermanfaat. Menggunakannya untuk game online atau media curhat (karena galau) di sosial media adalah sia-sia dan berpotensi mengurangi tingkat kecerdasan. Bijak menggunakan internet sebagai jembatan untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah, bermutu, dan menghasilkan karya-karya luar biasa. Dengan begitu anda benar-benar memanfaatkan internet dengan cara cerdas dan terpelajar.

Belum ada Komentar untuk "7 Manfaat Internet bagi Pelajar yang Memicu Kecerdasan"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel