11 Usaha Sampingan Bermodal Kecil bagi Pelajar yang Menguntungkan

Berbicara masalah usaha untuk pelajar memang sebagian orang tua tidak setuju walaupun hanya bermodal kecil dan memilih untuk mereka fokus belajar. Mereka memandang aktifitas belajar merupakan sesuatu yang paling penting bagi pelajar. Adapun soal usaha sampingan untuk pelajar mereka belum memberikan ijin. Padahal?

Jika dilihat dari sudut pandang yang luas sebenarnya usaha untuk pelajar sangatlah menguntungkan. Selain mudah dilakukan juga tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai. Bagaimana? Bukankah ini merupakan media yang baik pelajar untuk belajar bisnis.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika memanfaatkan waktu luang setelah sekolah untuk bisnis sampingan baru. Terlebih lagi jika kondisi keluarga anda kalangan menengah ke bawah tentu hal seperti ini dapat menumbuhkan jiwa kemandirian anda. Ingat, usaha ini tidak akan menyita banyak waktu. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan pendidikan anda.

11 Usaha Sampingan Bermodal Kecil untuk Pelajar yang Menguntungkan

Usaha untuk Pelajar Bermodal Kecil


1. Menjadi Penulis Blog Pribadi

Tidak dipungkiri lagi bahwa perkembangan blog telah begitu pesat dan mendunia. Makanya tidak heran jika blog juga memberi manfaat yang besar kepada para pelajar. Oleh karena itu sangat cocok jika menjadikan blog sebagai usaha untuk pelajar yang menguntungkan.

Untuk usaha ini anda tidak perlu modal yang besar untuk memulai. Anda tinggal membuat situs blog dengan membeli domain berbayar dan hosting gratisan. Adapun harga domain berkisar Rp110.000,- pertahun di IdWebHost sedangkan untuk hosting gratisan cukup dengan layanan Blogger.com.

Atau jika dirasa berat layanan gratis domain dan hosting juga tidak apa-apa. Bagaimanapun Blogger.com cukup untuk layanan tersebut dan bisa menghasilkan uang.

Setelah blog anda selesai dibuat maka langkah selanjutnya adalah mengisi konten atau artikel yang bermanfaat. Anda bisa gunakan waktu libur sekolah untuk menulis artikel jadi tidak akan mengganggu kegiatan belajar anda.

Adapun mengenai topik yang disajikan anda bisa menulis tentang hobi atau kesukaan anda atau tentang dunia yang anda tertarik membahasnya. Topik pelajar pun bisa anda jadikan materi dalam blog tersebut.

Kemudian ketika pengunjung mulai ramai anda bisa menghasilkan uang dengan program Google Adsense. Banyak orang yang sukses dari bisnis ini dan menghasilkan ratusan-ribuan dolar perbulan dari hal tersebut. Karenanya pasti anda juga bisa. Semangat!

2. Menjadi Penulis Artikel Dibayar

Biarpun membuat blog mempunyai prospek penghasilan yang besar dan bermodal kecil. Namun kenyataannya program ini butuh waktu beberapa bulan untuk mendapatkan hasil dengan usaha yang keras.

Berkaitan dengan hal ini jika anda tidak suka menunggu anda bisa mencoba menawarkan jasa penulisan artikel. Tentunya untuk hal ini anda harus tertarik dengan dunia menulis.

Jika bisa menulis artikel unik anda bisa mendapatkan uang dengan cara mandiri atau melalui pihak ketiga. Sebagai pelajar cara ini layak anda coba. Bayangkan saja untuk tulisan bahasa Indonesi per100 kata anda bisa dibayar 3000-4000 rupiah. Adapaun jumlah kata yang biasa dipesan berkisar 400-600 kata. Bayangkan besaran penghasilan yang anda dapat jika anda memaksimalkan potensi ini.

Atau jika anda kesulitan memasarkan tulisan bahasa Indonesia anda PenulisContent.com atau artikel bahasa Inggris Iwriter.com menawarkan menawarkan solusi untuk hal tersebut. Jika anda mampu menulis artikel bahasa Inggris anda bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi. Bahkan sebagian pengguna jasa mau membayar hingga 5-10 dolar perartikel. Tentu ini menjadi penghasilan yang lumayan bagi seorang pelajar.

Mengenai waktu anda cukup memaksimalkan waktu libur anda untuk usaha sampingan ini. Jadi bukan setiap hari sehingga tidak mengganggu aktifitas belajar anda disekolah dan dirumah.

Bagiamanapun jasa penulis artikel dicari-cari para blogger untuk mengisi konten blog mereka. Namun perlu anda ingat bahwa artikel yang anda buat harus unik sehingga bebas copy-paste.  Jadi bagaimana? Tertarik?

3. Membuka Jasa Les Privat

Diantara tugas mulia seorang guru adalah mencerdaskan para muridnya demi mewujudkan generasi yang cerdas terpelajar. Namun di sisi lain target ini sulit terjadi. Penyebabnya adalah sebagian besar murid yang diajarnya terlalu banyak waktu luang untuk bermain di luar jam sekolah. Hal inilah yang paling banyak dialami siswa setingkat SD.

Jika anda punya waktu luang memberikan les privat kepada mereka ini bisa menjadi hal yang positif. Selain ikut berperan dalam mencerdaskan bangsa hal itu bisa anda manfaatkan sebagai usaha pelajar untuk menghasilkan uang.

Usaha sampingan ini tergolong bermodal kecil. Hanya dibutuhkan buku pelajaran yang dijadikan les privat dengan ditunjang pengetahuan tingkat dasar dan kepercayaan orang tua mereka terhadap diri anda.

Jika anda mendapatkan itu anda bisa memasang tarif 1000-1500 rupiah perorang perpertemuan perjam pelajaran. Bayangkan jika 3 kali dalam seminggu anda bisa memberi les privat kepada 30 orang. Bukankah itu usaha untuk pelajar yang menguntungkan?

Untuk waktu les privat bisa anda jadwalkan disabtu sore, minggu pagi dan minggu sore. Jadi selain waktu tersebut bisa anda manfaatkan untuk belajar seperti biasanya.

4. Menjual Pulsa

Tidaka dapat dipungkiri lagi bahwa hampir setiap pelajar memiliki handphone atau smartphone. Peluang ini bisa anda manfaatkan untuk membuka jasa pulsa. Biarpun keuntungan dari bisnis pulsa adalah kecil, tetapi sangat baik bagi anda untuk membentuk jiwa pebisnis yang sukses.

Adapun modal untuk bisnis pulsa tergolong murah. Dengan menyiapkan dana 100.000 ribu rupiah anda bisa mendirikan usaha ini. Pembeli biasanya akrab dengan pulsa 5000 dan 10.000 ribu. Oleh karena itu dana segitu sudah cukup untuk menjalankan usaha sampingan ini.

Adapun pemasarnnya bisa anda tawarkan untuk teman-teman anda disekolah atau untuk para tetangga anda. Bisnis pulsa adalah bisnis bermodal kecil, tetapi rutin dibutuhkan banyak orang. Waktunyapun hanya sebentar jadi ini sangat cocok sebagai usaha untuk pelajar menghasilkan uang.

5. Menjual Makanan Ringan Disekolah

Usaha untuk pelajar bermodal kecil yang berikutnya adalah menjual makanan ringan. Jika kelas anda jauh dari kantin sekolah usaha sampingan ini layak anda coba. Pada dasarnya pelajar suka malas untuk jajan jika tempat kantin jauh. Selain menguras tenaga waktu istirahat yang pendek juga akan terbuang diperjalanan.

Dalam keadaan seperti ini peluang usaha makanan ringan bisa anda mainkan. Cukup anda menjual makanan ringan yang paling digemari, awet, dan mudah di bawa. Bisa juga makanan yang mengenyangkan seperti roti.

Adapun soal modal dana 50.000-100.000 saya rasa cukup. Usahakan setiap makanan harganya minimal 1000 rupiah agar tidak berat dan menyusahkan untuk membawanya.

Mengenai waktu berjualannya bisa anda maksimalkan waktu pagi sebelum bel masuk, atau saat jam istirahat. Jadi tidak akan mengganggu konsentrasi anda saat jam pelajaran berlangsung.

6. Menjadi Youtuber

Anda punya bakat membuat video yang unik dan menarik? Kenapa tidak anda manfaatkan kemampuan tersebut untuk usaha pelajar menghasilkan uang.

Modal yang dibutuhkanpun bisa dikatakan kecil. Untuk menghasilkan video anda tidak harus memiliki handycam yang mahal. Smartphone yang anda miliki sudah cukup untuk menghasilkan video yang unik dan menarik. Selain itu untuk masalah upload di Youtube.com bisa gunakan komputer/laptop sendiri atau milik orang lain (warnet).

Jika anda mampu membuat puluhan video menarik bisa dipastikan pundi-pundi dolar dapat mengalir setiap bulannya.

Waktu membuat video bisa anda atur sendiri. Apakah ketika waktu liburan, dirumah, diperjalanan atau ditempat lain.

7. Menjual Jasa Desain Logo

Anda punya laptop dirumah? Suka dengan desain grafis? Jika ya, berarti anda berpeluang menjadikannya usaha sampingan pelajar yang menguntungkan.

Diinternet banyak situs penyedia jasa yang menampung desain gambar atau logo. Freelancer.com salah satunya. Desain logo yang banyak dicari biasanya digunakan untuk kaos, seragam grup atau komunitas.  Oleh karena itu gunakan kemampuan anda untuk terus berkarya.

Cara kerja situs seperti ini biasanya berdasarkan permintaan. Jadi semakin banyak orang yang membeli produk tersebut dengan logo milik anda berarti komisi anda akan semakin besar. Jadi buatlah desain yang unik, menarik dan berkarakter.

8. Menjual Foto Dibayar

Anda punya kegemaran lain? Fotografer misalnya. Ternyata tidak hanya logo saja yang dibayar. Kenyataannya sebuah foto atau gambar berkelas dapat anda jual untuk usaha sampingan. Makanya tidak heran jika banyak beredar foto atau gambar disearch engine Google yang berhak cipta (copyright). Sehingga tidak bebas digunakan oleh orang lain.

Ada banyak situs yang mau membayar untuk hal ini seperti Fotolia dan Bigstockphoto. Situs seperti ini rela membayar mahal untuk sebuah foto berkelas.

Modal yang dikeluarkanpun hanya berupa kamera foto dan kemampuan mengambil gambar.

9. Membuat Website Affiliasi Marketing ( Affiliasi Toko Online)

Anda punya bakat menjadi seorang sales secara online. Mungkin sebuah website affiliasi toko online cocok dijadikan usaha untuk pelajar dalam menghasilkan uang bermodal kecil. Mengapa? Ada banyak situs penyedia affiliasi Amazon.com, ClickBank.com atau Lazada.com, atau Ratakan.com bisa anda pilih.

Untuk website/blog bisa menggunakan layanan blog gratisan seperti Blogger.com atau Wordpress.com. Keduanya bisa dibuat untuk website affiliasi.

Yang dibutuhkan dari program ini adalah kemampuan mengulas suatu produk dengan cara membuat artikel sehingga pengunjung mau membeli produk tersebut. Tentunya anda menyediakan link menuju situs barang tersebut di jual diwebsite anda.

Komisi yang didapatkan dari program ini berkisar 4% dari harga barang. Jadi jika produk yang terjual semakin mahal maka komisi juga semakin besar. Terlebih jika produk berupa software atau aplikasi komisi bisa mencapai puluhan persen.

Mengenai waktu anda tidak perlu khawatir karena setelah anda buat websitenya hanya tinggal melakukan promosi dimedia sosial atau promosi dikomunitas terkait. Bisa juga hanya mengandalkan search engine. Setelah itu strategi anda selesai dan hanya tinggal menunggu hasil yang diperoleh.

10. Jual Beli Barang Bekas

Melihat kenyataan tentang elektonik seperti Hp yang setiap minggu produk baru bermunculan rasanya akan banyak orang yang jenuh dengan produk lama. Oleh karena itu anda bisa manfaatkan momen tersebut untuk membeli dari orang seperti ini.

Setelah itu anda bisa menjual lagi barang tersebut dengan mengambil keuntungan. Mungkin cara ini sedikit rumit, tetapi dengan hadirnya grup Facebook, komunitas Google+, atau situs jual beli seperti OLX.com telah memudahkan hal tersebut.

Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil mungkin berkisar 200.000-500.000 rupiah sudah cukup. Yang terpenting itu kemampuan tawar menawar dalam jal beli. Jadi selama anda punya mental seperti ini jual beli barang bekas bisa menjadi usaha untuk pelajar bermodal kecil dan menguntungkan.

11. Menjadi Agen Mini Majalah Bulanan

Satu lagi yang bisa menjadi usaha untuk pelajar yang menguntungkan dengan agen mini majalah bulanan. Mengapa harus majalah bulanan? Sederhana saja sebagai pelajar yang baik pasti tidak ingin disibukkan terlalu lama selain kegiatan belajar.

Berapa dana yang dibutuhkan usaha sampingan ini? Sekitar 300.000-500.000 rupiah dengan perkiraan 1 eksemplar majalah 7.000-15.000 rupiah. Jika asumsi keuntungan 1 eksemplar 2500 rupiah maka 2500 x 30 = 75.000 ribu perbulan. Itu jika ada 30 orang yang berlangganan dengan anda bayangkan jika ada 50 atau 100 orang yang terjaring. Keuntungan pasti lebih besar.

Ada banyak majalah yang dapat anda manfaatkan contohnya Majalah Lentera Qolbu atau Majalah Taa Buut.

Kesimpulan
Meskipun sebagai pelajar/mahasiswa bukan berarti memiliki usaha sampingan tidak dibolehkan. Kenyatannya banyak pelajar yang menjadikan kegiatan tersebut sebagai hal yang menyenangkan. Terlebih lagi dapat meningkatkan rasa kemandirian secara berkala. Oleh karena itu pilihlah salah satu yang menurut anda terbaik. Setelah itu jalankan dengan percaya diri dan memperhatikan waktu. Dengan begitu tidak akan mengganggu jadwal belajar anda disekolah/kampus atau dirumah. Bagaimanapun usaha sampingan bermodal kecil di atas menguntungkan. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "11 Usaha Sampingan Bermodal Kecil bagi Pelajar yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel