Inilah 6 Alasan Guru Honorer harus Menjadi Blogger

Bagi seorang guru mengajar merupakan pekerjaan prioritas dalam rangka mencerdaskan pelajar. Bagaimana tidak pekerjaan ini tidak sembarang orang bisa melakukannya. Memang sebagian orang bisa menjadi pendidik yang baik. Namun dari sisi waktu dan efektifitas guru sebagai pendidik lebih mendapat tempat dihati pelajar untuk didengar dan ditaati.

Sayangnya dari sebagian tenaga pengajar yang ada disekolah tidak semua guru telah berpredikat PNS. Padahal untuk dapat mengajar seluruh siswa tenaga guru PNS tidaklah cukup. Seringkali mereka membutuhkan guru honorer untuk membantu mengajar.

Di sisi lain minimnya gaji yang diterima oleh guru honorer membuat sebagian mereka bekerja sampingan. Memang ada sebagian usaha sampingan yang bermodal kecil, tetapi bagi guru honorer dengan gaji pas-pasan tentu hal tersebut sulit dilakukan. Apalagi tidak semua guru honorer berasal dari keluarga yang berkecukupan. Bahkan sebagian guru honorer menjadi guru dalam rangka memperbaiki kualitas hidup mereka. Oleh karena itu sebagai guru honorer ada baiknya anda belajar blogging untuk mendapatkan gaji tambahan.


Inilah 6 Alasan Guru Honorer harus Menjadi Blogging

Alasan Guru Honorer harus Blogging (Ngeblog)


1. Memotivasi siswa untuk belajar

Bagi seorang pelajar / siswa merupakan hal yang menggembirakan jika melihat dan menyaksikan guru pendidiknya juga belajar. Umumnya pelajar hanya melihat guru mengajar disekolah adapun keseharian guru dirumah para siswa biasanya tidak mengetahui. Dari sini maka kemungkinan bisa muncul anggapan bahwa guru hanya fokus mengajar, tetapi tidak punya minat belajar dirumah. Apalagi sang guru telah memiliki buku pegangan beserta kunci pembelajaran.

Oleh karena itu penting bagi guru terutama guru honorer untuk memiliki blog pribadi. Mungkin anda tidak perlu menulis artikel hingga ratusan buah, tetapi yang jelas jika siswa mengetahui anda juga membuat karya tulis tentu para siswa juga akan termotivasi untuk belajar lebih giat dan rajin. Sehingga cara anda menumbuhkan motivasi belajar siswa disekolah menjadi lebih mudah.

2. Meningkatkan kemampuan menulis

Menulis bagi sebagian orang memang bukan pekerjaan yang mudah. Namun bagi anda (guru / pendidik) tentu tidak asing dengan tulisan. Apalagi sebelum anda menjadi sarjana harus membuat karya ilmiah berupa skripsi. Dari hal itulah kemampuan anda diuji dan dipertimbangkan.

Berkaitan dengan hal ini tidak ada salahnya bagi anda untuk terjun dalam dunia blogging. Blogging adalah kegiatan yang cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis. Memang tidak dalam sekejap kemampuan menulis anda menigkat. Bahkan pada sebagian kasus menulis tetap menjadi kesulitan tersendiri bagi seorang sarjana hingga akhirnya mereka harus mulai dari awal untuk belajar menulis. Jika anda ingin belajar menulis artikel diblog anda bisa berkunjung pada blog saya yang lain TipsTrikBlog-Gue.Blogspot.co.id

3. Meningkatkan wawasan

Untuk menjadi tenaga pendidik yang sukses seorang guru dituntut memiliki wawasan yang luas tentang berbagai hal. Dengan cara ini seorang guru bisa mengetahui masalah pelajar, psikologi pelajar dan cara mengatasi semua permasalahan tersebut dari berbagai sumber.

Terkait dengan hal ini sudah sewajarnya seorang guru harus memasuki dunia blogging. blogging mengajarkan untuk mencari sumber referensi sebanyak-banyaknya sebelum menerbitkannya diblog. Alasannya cukup sederhana supaya apa yang ditulis benar-benar bermanfaat dan memberikan solusi bagi pembaca. Dengan ini pula anda bisa mengetahui kondisi pelajar dan cara mengatasinya dengan lebih bijak.

Untuk mencapai hal itu tentu yang paling dibutuhkan adalah informasi yang beragam. Oleh karena itu seorang blogger harus sering membaca tulisan agar apa yang ditulisnya lebih berkualitas. Makanya tidak heran jika seorang blogger bisa menulis artikel dengan berbagai topik pembahasan.

Untuk alasan inilah guru honorer harus ngeblog, meningkatkan wawasan. Karena blogger biasanya banyak membaca berbagai ilmu pengetahuan untuk referensi tulisan-tulisannya. Dengan menjadi guru blogger, maka otomatis akan menjadi meningkatkan wawasan dan menunjang karir anda sebagai guru. Terlebih lagi berguna sebagai tips mengenali ciri-ciri anak cerdas.

4. Menghasilkan gaji bulanan

Untuk yang satu ini rasanya tidak perlu dijelaskan panjang lebar karena banyak blogger yang membahas hal tersebut. Meskipun begitu tidak ada salahnya jika saya menambahkan sedikit informasi kepada anda.

Beberapa tahun belakangan ini kegiatan internet telah berubah menjadi ajang pencarian uang. Salah satu yang paling fenomenal adalah munculnya berbagai program untuk menghasilkan uang dari blog. Dan saya rasa yang paling diminati saat ini adalah program periklanan seperti Google Adsense. Berbagai kalangan ramai-ramai menulis diblog dalam rangka menjadi publisher (penayang iklan) program ini. Bagaimana tidak program Adsense menawarkan komisi yang menggiurkan bahkan seorang blogger sukses dapat meraup komisi hingga ribuan dolar perbulan. Tentu ini menjadi kesempatan bagi guru honorer mengejar mimpi memiliki gaji besar setiap bulannya.


5. Menghindari ketergantungan terhadap BOS

Sudah menjadi rahasia umum bahwa semua pegawai sekolah non-PNS seperti guru honorer memperoleh gaji bulanan dari BOS (biaya operasional sekolah). Masalahnya pencairan dana BOS adalah setiap 3 bulan sekali, bahkan pada sebagian wilayah kabupaten atau kota pencairan dana BOS sering terlambat. Akibat terburuknya jika kas sekolah menipis gaji tersebut bisa dibayar tidak tepat waktu.

Berkaitan dengan masalah tersebut jika anda telah memiliki gaji yang rutin dari blog yang anda miliki maka bisa jadi gaji dari sekolah berubah menjadi gaji sampingan. Bagaimana tidak gaji seorang blogger bisa meningkat berkali-kali lipat dari gaji seorang guru honorer. Meskipun begitu jangan lupa untuk tetap pada tugas prioritas anda yaitu mengajar siswa menjadi pelajar yang cerdas dan terpelajar.

6. Investasi untuk jaminan jangka panjang

Bagi seorang blogger mereka tertarik terjun dalam dunia blogging karena dampak positif yang akan terjadi. Biasanya seorang blogger sukses bisa bersantai-santai karena blog yang mereka miliki berubah menjadi pasif income.

Tentu ini berbeda dengan seorang guru honorer. Kenyataannya sulit bagi seorang guru honorer diangkat menjadi PNS dalan hitungan beberapa tahun. Bahkan sebagian pada sebagian kasus mereka diangkat menjadi PNS setelah berjuang belasan tahun hingga lebih dari 20 tahun. Tentu ini menjadi ujian psikologi yang menyusahkan.

Oleh karena itu sudah semestinya bagi guru honorer mencari jaminan jangka panjang dengan membuat blog. Setelah itu mengikuti program penghasil uang secara online. Dengan begitu anda tidak akan kesulitan hidup karena masalah keuangan. Sebagai guru honorer anda siap untuk blogging?

Belum ada Komentar untuk "Inilah 6 Alasan Guru Honorer harus Menjadi Blogger"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel