6 Kesulitan Belajar yang Harus di Waspadai

Adalah kabar gembira jika dalam proses belajar kita berjalan secara lancar. Dengan begitu pelajaran mudah dipahami dan dimengerti. Hasil belajar akan menyenangkan dan membanggakan. Tidak hanya untuk konsentrasi dan daya ingat anda sendiri, tetapi juga untuk target hasil yang dicapai.

Namun kenyataannya ada saja masalah yang terjadi. Seringkali saat belajar kita mengalami kesulitan belajar. Bukan hal yang mudah jika dalam proses belajar hambatan selalu muncul. Jangankan untuk mengerti pelajaran untuk membaca saja mungkin sangat menjengkelkan. Apalagi jika membutuhkan konsentrasi ekstra otak terasa berat untuk berpikir.

Oleh karena itu ada baiknya anda mengenal kesulitan belajar secara cermat. Harapannya anda tidak terjebak pada kondisi yang serupa dilain waktu saat belajar. Sehingga belajar anda bisa lancar dan fokus.


6 Kesulitan Belajar yang Harus di Waspadai

 

Kesulitan Belajar yang Harus Di Waspadai


1. Tidak memiliki motivasi

Tak perlu penjelasan lebih lanjut tentang motivasi karena pada hakikatnya faktor ini menjadi sangat penting. Bagaimana tidak jika dalam proses belajar sulit untuk menumbuhkan minat terhadap apa yang dipelajari bukan tidak mungkin kegagalan akan dirasakan. Menjadi malas saat belajar adalah efek buruk yang berbahaya.

Berkaitan dengan hal itu penting sekali peran orang lain untuk menumbuhkan minat belajar anak dirumah. Tidak harus motivasi dari guru yang diharapkan, tetapi motivasi dari teman, orang tua, kakak, bahkan tetangga juga dibutuhkan.

Jika anda belajar dengan motivasi tinggi maka bisa dipastikan hasil yang diperoleh akan memuaskan. Meskipun demikian tetap saja harus didukung usaha dan kerja keras yang optimal.

2. Tidak menyukai pelajaran

Suka terhadap materi pelajarannya adalah kunci sukses untuk menambah ilmu secara efektif. Tidak peduli kesulitan apa yang dihadapi dan dipelajari bermodalkan suka terhadap pelajaran sudah cukup berarti untuk berhasil. Di samping itu menunjukan peningkatan yang signifikan terhadap konsentrasi dan daya ingat.

Namun kenyataannya tetap saja ada bidang pelajaran yang tidak disukai. Akibatnya kesulitan belajarpun mulai hadir. Bagaimana tidak, jangankan untuk menyelesaikan membaca atau mendengar untuk melihat materinya saja bisa mengakibatkan jenuh dan menjengkelkan.

Dalam keadaan begini anda sangat membutuhkan pengalaman dan pengetahuan dari seseorang. Memperoleh gambaran tentang sisi positif dan kemanfaatan jangka panjang dari apa yang dipelajari. Dengan begitu rasa suka terhadap pelajaran dapat dilakukan.

3. Daya ingat lemah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyaknya pelajaran yang dapat diserap tergantung pada daya ingat yang dimiliki. Jika memiliki daya ingat kuat segala pelajaran dapat dilakukan lebih cepat tanpa mengabaikan meteri penting lainnya.
Terkait dengan hal tersebut sayapun manyadari bahwa tidak semua orang terlahir dengan daya ingat yang kuat. Meskipun begitu bukan berarti daya ingat yang kuat didapatkan karena faktor keturunan belaka.

Sebagai orang yang memiliki daya ingat lemah khawatir terhadap diri sendiri adalah kekalahan. Berdasarkan pengalaman dan percobaan para ahli daya ingat dapat ditingkatkan. Melakukan latihan dan latihan adalah cara efektif untuk mewujudkannya. Namun perlu dingat cara ini juga membutuhkan tekad dan semangat yang kuat demi tercapainya tujuan.

4. Tidak dapat duduk diam berlama-lama

Kesulitan belajar yang berikutnya adalah tidak dapat duduk terlalu lama. Meskipun ini merupakan faktor teknis namun boleh jadi sebenarnya anda sendiri yang berpikiran demikian. Padahal kalau dipelajari lebih dalam faktor kebiasaanlah penyebabnya. Mengapa demikian?

Anda perlu tahu bahwa di luar sana terdapat banyak orang jenius berlatarbelakang orang tidak mampu dengan sarana belajar seadanya. Namun dengan tekad dan semangat tinggi mereka berhasil meraih kesuksesan belajar.

Oleh karena itu mulailah menyukai duduk diam berlama-lama. Anda bisa memulai dengan belajar sambil duduk selama 2-3 jam. Dengan begitu anda menjadikan menjadikan kursi sebagai teman belajar anda.

5. Kelelahan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kelelahan membawa dampak buruk bahkan sebelum belajar. Tidak dapat fokus dan mengantuk adalah kesulitan belajar yang berbahaya. Mengapa bisa demikian?

Pada dasarnya tidak semua pelajaran dapat diserap dengan fokus yang lemah. Dari beberapa materi belajar terkadang kita harus memiliki fokus ekstra seperti matematika, fisika atau kimia. Jika kelelahan datang bukan mustahil anda tidak tahu apa yang anda baca atau dengar.

Oleh karena itu perhatikan waktu istirahat anda. Jangan begadang sampai larut malam sehingga jam tidur berkurang. Idealnya jam tidur adalah 5-8 jam perhari. Selain itu jangan beraktifitas yang berlebihan yang mengakibatkan tubuh kepayahan.

6. Belajar dalam tekanan

Sebagai seorang guru atau orang tua tentu saja pendidikan pelajar/anak sangat penting. Di samping untuk masa depan mereka juga dapat  memudahkan mereka bergaul dengan orang asing. Namun terkadang banyak harapan orang tua atau guru yang berlebihan.

Orang tua mengharuskan anaknya sekolah dangan benar akibatnya jam belajar terlalu berlebihan. Tidak cukup belajar disekolah saja mereka juga menyuruh anaknya ikut bimbingan belajar hingga 3-4 jam perhari. Di samping itu sang anak harus belajar sendirian dirumah. Akibatnya rasa takut dan dan cemas malah muncul pada diri sang anak karena beban mental yang dihadapi.

Adapun sang guru mengharuskan semua siswa belajar secara benar dan baik. Harapan ini sangat tepat, tetapi bukan berarti semua siswa dapat menjalankannya. Meskipun terdapat hal-hal yang menjadi penyebabnya terkadang sang guru mudah marah. Akibatnya sang guru menekan sang anak dengan memarahi bahkan pada sebagian kasus memukulnya.

Kesimpulan
Meskipun kesulitan belajar merupakan hal yang lumrah terjadi bukan berarti harus dimaklumi. Karenanya anda tidak boleh pasrah pada keadaan. Tetaplah berusahalah melakukan cara belajar yang efektif. Dengan begitu 6 kesulitan belajar anda akan hilang dan anda benar-benar merasa nyaman dan senang saat menjalaninya.

Belum ada Komentar untuk "6 Kesulitan Belajar yang Harus di Waspadai"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel