9 Cara Mengenali Ciri-ciri Anak Cerdas bagi Orang Tua

Membayangkan keseharian anak dengan kecerdasan di atas rata-rata sangat menyenangkan. Bagaimana tidak seorang anak cerdas dapat memperlihatkan cara berpikir yang efektif dan efisien. Di samping itu mereka juga mempunyai kreatifitas dan inovasi tersendiri dalam menangani suatu masalah. Tidak hanya cepat selesai, tetapi juga menghadirkan solusi yang tepat.

Namun sayangnya beberapa orang tua tidak menyadari ciri-ciri anak cerdas. Mungkin juga karena faktor pendidikan rendah yang mereka miliki. Akibatnya mereka cenderung mengabaikan potensi bakat sang anak. Celakanya lagi sebagian mereka bahkan memaksa sang anak untuk melakukan hal-hal yang bukan bidang bakatnya.

Mereka lebih memilih mengarahkan anak pada keinginan orang tua itu sendiri. Pada akhirnya sang anak besar dengan ketidakpastian arah dan tujuan belajar. Tentu saja ini mengancam masa depan sang anak itu sendiri.

Meskipun demikian anda tidak perlu kecewa jika anda terlanjur melakukan hal tersebut karena dengan memperhatikan ciri-ciri anak cerdas berikut ini anda dapat mengenali apakah anak anda pintar atau tidak.


Top 9 Mengenali Ciri-ciri Anak Cerdas Terbaik

Top 9 Mengenali Ciri-ciri Anak Cerdas


1.  Mengumpulkan informasi lebih komplek

Berhubung anak cerdas mampu menampung informasi secara komplek maka tidak heran jika mereka mau mendengarkan semua berita. Tidak terbatas pada siapa yang memberikan berita, tetapi lebih kepada berita apa yang dimunculkan.

Oleh sebab itu mereka merespon positif setiap berita yang ada. Meskipun terkadang apa yang disampaikan belum bisa dilakukan atau dipelajari saat itu juga. Namun melalui aktifitas ini dapat dipastikan bahwa anak memiliki potensi kecerdasan yang tinggi.

2.  Rasa ingin tahu yang tinggi

Seperti tidak dapat terpuaskan seorang anak cerdas menyukai informasi baru. Tidak peduli informasi itu berguna atau tidak mereka tetap akan mencari tahu lebih detail. Dalam keadaan begini anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya mereka mencari informasi tersebut untuk menambah ilmu dan pengalaman mereka.

Sebagian orang terkadang tidak suka sikap anak yang super ingin tahu sesuatu. Bertanya tentang hal-hal yang belum waktunya bagi mereka terkadang membuat orang tua serba salah. Bagaiman tidak mereka berani bertanya masalah pernikahan, politik, atau pekerjaan.

Asalkan apa yang ingin mereka ketahui bukan hal-hal yang sangat pribadi sekali anda tidak perlu cemas. Memberikan penjelasan yang tepat dan menenangkan akan mendidik mereka lebih pintar dan terpelajar sehingga mampu menempuh pendidikan yang tinggi.

3.  Memiliki daya ingat yang bagus

Dalam rangka mengetahui seorang anak cerdas atau tidak memperhatikan daya ingat mereka menjadi penting. Seorang anak pada dasarnya mudah mengingat sesuatu yang mereka lihat. Kalau anda memiliki anak dengan kebiasaan seperti ini anda harusnya senang bahkan harus ditingkatkan lagi.

Mengarahkan anak untuk memperhatikan hal-hal yang bermanfaat dan berdaya guna tinggi harus menjadi prioritas. Walaupun mereka memiliki daya ingat yang bagus, tetapi mereka mudah dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu menjaga mereka dari hal-hal negatif harus ditingkatkan. Kalau tidak dikontrol emosi yang dikeluarkan dapat memperburuk daya ingat mereka.

4. Mampu membaca cepat

Pada saat membaca ada 2 indera yang berjalan yaitu mata dan mulut. Berdasarkan kenyataan ketika anak membaca cepat organ mata, otak dan mulut bekerja beriringan. Semakin cepat anak membaca maka membuktikan bahwa otak mereka memiliki IQ yang tinggi. Karena otot mata bersinergi cepat ke otak dengan memberikan perintah kepada mulut untuk membaca. Bisa dibilang kecerdasan yang dimiliki seperti gerak reflek, tanpa perhitungan lagi.

Kalau anda melihat anak anda bisa membaca dengan cepat-cepatlah motivasi dengan menyediakan ruangan belajar atau buku-buku yang bermutu. Tujuannya anak sibuk dengan ilmu pengetahuan sehingga potensi kecerdasan anak tidak terputus yang berakibat turunnya IQ.

5. Rasa percaya diri kuat

Menurut saya percaya diri adalah proses keyakinan yang kuat dari berpikir otak ke jantung sehingga menimbulkan ketenangan dalam hati. Oleh karena itu mereka yang percaya diri tidak memiliki rasa berdebar-debar pada jantung mereka.

Bagaimana anak bisa percaya diri tentu memiliki sebab. Salah satunya faktor emosi dan IQ mereka. Oleh karena itu anak dengan percaya diri yang kuat sudah cukup membuktikan sifat cerdas mereka. Mereka mampu mengontrol emosi ditunjang otak bekerja secara efektif.

6. Tidak suka membantah

Mencoba mengetahui sifat anak cerdas bisa tampak saat mereka dinasehati atau bahkan dimarahi. Mereka cenderung tenang seperti tidak merespon apapun hanya diam. Namun dibalik itu mereka menyimpan nasehat tersebut rapat-rapat sehingga terkesan acuh saja.

Mereka lebih suka mendengarkan karena mereka menghormati dan menghargai nasehat. Adapun langsung membantah hanya menunjukkan sifat tergesa-gesa pendalaman sebab akibat. Oleh karena itu sifat suka membantah mereka hindari.

Berkaitan dengan hal itu jangan langsung mengambil kesimpulan sesaat karena bagaimanpun juga mereka akan mengkaji nasehat tersebut. Jika nasehat tersebut positif suatu saat mereka akan mengerjakannya.

7. Berjiwa seni tinggi

Tak perlu dikatakan lebih jauh bahwa seni adalah jiwa anak cerdas. Mereka menyukai hal-hal yang barnuansa seni baik itu berupa tulisan, gambar, lukisan, bahkan suara. Oleh karena itu jangan heran jika mereka sibuk mengamati hal-hal kecil yang tidak enak dipandang mata.

8. Konsentrasi tinggi

Bagi sebagian anak mendengarkan disertai konsentrasi mungkin sesuatu yang membosankan apalagi jika berlangsung terlalu lama. Kepala serasa pusing karena bingung. Namun tidak demikian jika terjadi pada anak cerdas. Mereka dapat diam dan tenang untuk konsentrasi. Lebih dari itu anak cerdas sangat terganggu dengan suasana ramai yang bergemuruh.

9. Berpikir kreatif

Meskipun berpikir kreatif merupakan hal yang sulit, tetapi anak yang cerdas menikmati hal tersebut. Mereka akan mencoba mengotak-atik sesuatu sehingga menjadi sesuatu yang lain. Tidak peduli apa yang dilakukan yang jelas mereka bisa bereksperimen dengan hal tersebut.

Meskipun terkadang melakukan hal-hal yang menjengkelkan, tetapi jika diarahkan menurut tempat dan sarana yang tepat dapat memaksimalkan potensi kecerdasan menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu jangan mematikan pikiran kreatif mereka dengan kata “Jangan begini atau Jangan begitu”.

Kesimpulan
Pada dasarnya setiap anak berkembang dengan potensi mereka sendiri. Meskipun banyak orang yang bilang bahwa ciri-ciri anak cerdas atau pintar diketahui karena keturunan. Namun kenyataan hal tersebut bisa dirubah. Latihan dan motivasi belajar yang baik dapat membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Punya pandangan lain? Silahkan dishare di sini!

Belum ada Komentar untuk "9 Cara Mengenali Ciri-ciri Anak Cerdas bagi Orang Tua"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel