9 Manfaat Berorganisasi bagi Pelajar yang Mencerdaskan

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa organisasi memberikan manfaat yang besar terutama kepada para pelajar. Makanya tidak jarang kita temukan seorang pelajar mengikuti berbagai macam organisasi yang yang. Meski hanya sekedar ikut-ikutan teman sekalipun keinginan mereka patut diberikan apresiasi.

Mungkin anda pernah dengar tentang seorang penggila organisasi sekolah atau organisasi sosial bergabung dilebih dari 5 buah organisasi. Mereka dengan sukarela ikut karena memiliki manfaat besar yang dapat digali.

Sayangnya beberapa orang tua tidak mengijinkan anak mereka untuk berorganisasi. Bukan karena tidak mau melihat anaknya maju, tetapi karena sebab takut anaknya terkena dampak buruk organisasi yang ikutinya. Memang jika dilihat dari beberapa aspek pandangan orang tua alasan itu bisa dibenarkan. Namun terkadang mereka tidak melihat secara rinci sehingga yang timbul hanyalah perasaan was-was saja. walaupun demikian tetap saja dampak negatif organisasi tidak boleh disepelekan.

9 Manfaat Berorganisasi bagi Pelajar Terbaik


Dampak negatif berorganisasi bagi pelajar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiaphal itu mempunyai dampak positif dan negatif. Begitu juga dengan berorganisasi bagi pelajar. Ada beberapa dampak buruk yang harus diperhatikan.

1. Waktu belajar menjadi lebih sedikit

Berpikir tentang menghabiskan waktu bagi pelajar seharusnya dihabiskan dengan banyak belajar disekolah atau dirumah atau bahkan dibimbingan belajar. Namun bagi pelajar yang berorganisasi rasanya hal tersebut sulit terwujd.

Bagaimana tidak dengan mengikuti organisasi banyak waktu yang akan dihabiskan dengan kegiatan organisasi yang tentunya memakan waktu yang lama. Tidak hanya itu mengikuti organisasi juga terkadang menjadikan pelajar tidak mau belajar dan fokus memikirkan fungsinya dalam organisasi. Makanya tidak aneh jika banyak pelajar ikut organisasi kemudian menomor duakan pelajaran.

2. Sering kelelahan karena tuntutan kegiatan organisasi

Adalah menjadi keharusan bagi anggota organisasi untuk melaksanakan tugas sebaik mungkin. Meski harus ditempuh dengan cara yang lama maupun menguras energi yang banyak.

Jika dilihat sekilas mungkin tidak jadi masalah. Akan tetapi jika diperhatikan lebih jauh seringkali pelajar yang berorganisasi merasa kelelahan setelah selesai kegiatan. Hal inilah yang menjadi pemicu orang tua tidak menginjinkan anak mereka ikut organisasi. Mengapa?

Sebagai orang tua tentu mereka ingin nilai akademik anaknya optimal disekolah. Dengan begitu peluang untuk menjadi juara sekolah terbuka lebar. Namun jika harus ikut organisasi mereka menglkhawatirkan kondisi fisik yang akan berdampak pada kemauan dan semangat untuk belajar. Sehingga dari sinilah pelarangan berorganisasi itu terkadang muncul

3. Fokus disekolah jadi terbelah

Sudah saya jelaskan di atas bahwa terkadang berorganisasi menjadikan pelajar sulit untuk fokus. Apakah memprioritaskan belajar atau organisasi. Untuk berorganisasi biasanya dilakukan setelah pulang sekolah sampai sore hari. Sedangkan untuk belajar bisa dilakukan dimalam hari.

Mungkin ini menjadi pembagian dengan jadwal yang baik, tetapi kadang muncul masalah lanjutan. Tugas organisasi yang tidak selesai disore hari harus dikerjakan lembur (seperti membuat proosal atau perencanaan acara) sampai malam. Padahal waktu yang dibutuhkan untuk hal tersebut sangat terbatas. Sehingga tidak jarang waktu belajar ditinggalkan untuk mengerjakan tugas organisasi.

Berkaitan dengan hal inilah mengapa orang tua sering melarang putra-putranya untuk aktif dalam berorganisasi. Meskipun terdengar memiliki pesan yang baik, tetapi justru dengan tidak mengikuti organisasi membawa akibat yang memungkinkan anda menyesal.

Oleh karena itu ada baiknya jika anda melihat dari dampak positifnya. Ada banyak manfaat yang dapat digali di dalamnya. Bahkan tidak jarang jika dari kegiatan inilah masa depan mereka akan dimulai. Mengapa?

Manfaat berorganisasi bagi pelajar

1. Lebih menghargai waktu

Bagi pelajar yang tidak ikut organisasi mungkin mereka memiliki banyak waktu untuk belajar dirumah atau ditempat bimbingan belajar. Namun bisa jadi karena banyak waktu belajar inilah yang menyebabkan sebagian mereka malas.

Mungkin anda heran mengapa bisa begitu? Kenyataannya banyak pelajar yang mencukupkan pelajaran disekolah sebagai belajar yang utama dan satu-satunya. Makanya tidak heran jika mereka di luar jam sekolah banyak waktu untuk bermain-main dengan hal yang kurang bermanfaat.

Berbeda halnya dengan pelajar yang ikut berorganisasi mereka lebih menghargai waktu yang terbatas ini. Bisa jadi karena dalam organisasi juga diajarkan membagi waktu yang efektif dan efisien. Mereka tahu saat untuk berorganisasi atau saat harus belajar. Bagaimanapun juga diorganisasi juga terdapat pelajar yang cerdas. Oleh karena itu bisa saja mereka termotivasi untuk mengalahkan temannya dalam nilai akademik.

2. Media berlatih kepercayaan diri untuk bicara dan tampil di depan umum

Untuk menjadi pelajar yang sukses tentu kepercayaan diri sangat dibutuhkan. Hanya mengandalkan proses belajar mengajar yang diberikan guru terkadang belum cukup ampuh menumbuhkan rasa percaya diri. Begitu juga jika hanya mengandalkan saran dan didikan orang tua.

Oleh karena itulah manfaat berorganisasi sangat dibutuhkan. Meskipun terkadang memakan waktu yang lama dalam beraktifitas. Namun kenyataannya banyak pelajar yang meningkat rasa kepercayaan dirinya karena hal tersebut. Boleh saja anda tidak percaya, tetapi cobalah untuk melihat orang yang ikut organisasi dari dekat. Pasti anda akan temukan perbedaan yang signifikan antara sebelum ikut organisasi dan setelah ikut organisasi.

Entah mengapa orang yang ikut organisasi serasa cuek saja terhadap apa yang dia ucapkan. Tidak peduli ucapannya itu benar atau salah. Yang jelas mereka berani mengungkapkan isi hatinya di depan orang banyak tanpa rasa canggung atau gugup. Hal inilah yang seharusnya anda lihat dari manfaat berorganisasi bagi mereka para pelajar.

3. Media meningkatkan pengalaman praktis

Sebagai orang yang berpendidikan tentunya pertimbangan pertama ketika akan melakukan sesuatu adalah memperhatikan efek kemanfaatannya. Mengapa? Dari sinilah anda bisa mengetahui jika hal tersebut layak untuk perkembangan diri. Begitu juga dengan sebuah organisasi anda harus tahu manfaat dan kerugiannya. Dengan begitu anda tidak akan menyesal dikemudian hari.

Jika ditinjau dari manfaat berorganisasi rasanya sebagai media meningkatkan pengalaman praktis tidak boleh ditinggalkan. Mungkin ada pelajar yang iktu organisasi karena iseng belaka. Karena keadaan dirumah tidak nyaman mereka menjadikan organisasi sebagai tempat mengadu kesusahan dan berharap kesusahan itu hilang.

Sebenarnya tidak salah jika anda memanfaatkan organisasi dengan dorongan tersebut. Namun saya melihat kedepannya anad harus rubah motivasi ini. Ada berbagai macam hal yang bisa anda gali dari mengikuti sebuah organisasi dan itu sangat bermanfaat bagi seorang pelajar seperti anda.

Kalau anda aktif dalam organisasi maka dengan berjalannya waktu banyak pengalaman praktis yang anda dapatkan. Dari sini anda bisa mengetahui cara merencanakan sebuah acara atau even besar, bagaimana cara menejemen suatu proyek atau paling tidak anda bisa mengetahui pengalaman praktis bagaimana cara menggalang dana yang efektif dan efisien. Oleh karena itu manfaatkan berorganisasi dengan sebaik-baiknya.

4. Media meningkatkan jiwa sosial yang tinggi

Berdasarkan serangkaian proses yang terjadi saat berorganisasi maka bisa dimaknai bahwa semakin lama dia bergabung jiwa sosial yang dimilki jga semakin tinggi. Mengapa? Coba anda bayangkan jika anda hanya belajar dari keseharian hidup disekitar anda pasti jiwa sosial sangat ditentukan oleh pendidikan guru atau keluarga dirumah.

Akan tetapi ini berbeda dengan pelajar yang merasakan manfaat berorganisasi. Mereka mempelajari hal-hal yang sebagian besar berhubungan dengan sosial masyarakat. Bahkan mungkin fokus pada permasalahan masyarakat yang sedang dihadapi. Oleh karena itu tidak heran jika jiwa sosial pelajar yang ikut organisasi rata-rata tinggi.

5. Media meningkatkan jumlah teman 

Anda mau menambah jumlah teman? Anda mau berteman dengan orang berpengalaman dan berwawasan luas? Berorganisasilah tempatnya. Dai sini anda akan mendapatkan banyak teman dari berbagai latar belakang sosial berbeda-beda. Selain itu teman yang dapat anda dapatkan bisa saja lebih cerdas dari anda bahkan memiliki nilai akademik yang tertinggi.

Oleh karena itu sudah sewajarnya jika anda memanfaatka organisasi sebaik-baiknya. Bisa jadi dengan hal tersebut prestasi belajar anda akan meningkat. Ingat, diantara mereka terdapat juga pelajar cerdas yang pintar membagi waktu dan mengetahui cara belajar yang efektif dan efisien. Ditengah itulah anda bisa belajar dari teman organisasi anda.

6. Media meningkatkan kemampuan bekerja secara tim 

Anda punya kemampuan bekeja yang hebat? Sudah puaskah anda dengan hasil yang diperoleh? Apakah anda ingin meningkatkan kemampuan tersebut? Gampang, ikut saja dalam sebuah oraganisasi karena banyak memiliki manfaat. Menunjukkan hal yang positif ketika anda telah bergabung di dalamnya.

Anda akan dilatih bagaimana bekerja secara tim sehingga rencana yang dipersiapkan semakin matang. Selain itu hasil yang diperoleh biasanya lebih memuaskan karena melalui proses yang terstruktur.

Berkaitan dengan inilah manfaat berorganisasi yang harus menjadi pertimbangan serius. Mungkin anda bisa bekerja sendirian, tetapi bagaiamana perasaan anda melakukan pekerjaan dengan sebuah tim. Pasti rasanya lebih menyenangkan karena dapat merayakannya secara bersama-sama.

7. Media berlatih ketrampilan dalam memimpin

Adalah menjadi tugas yang sulit ketika anda diberi amanah untuk menjadi pemimpin. Rasa canggung atau gugup pasti menghampiri. Bagaimana tidak seorang pemimpin yang baik harus selalu siap dengan saran dan kritik yang terkadang pedas dihati. Bahkan pada sebagian kasus seorang pemimpin yang yang tidak kredibel bisa sangat dilecehkan atau dibully dimedia sosial. Tentu ini sesuatu yang memprihatinkan.

Meskipun begitu solusi bisa datang dari mana saja salah satunya melalui berorganisasi. Berkaca dari pola pikir ketua organisasi ketika memimpin sedikit banyak akan membantu anda merajut asa menjadi pemimpin yang lebih baik. Karena itulah ada baiknya anda memanfaatkan organisasi untuk tujuan tersebut.

8. Media meningkatkan wawasan dan informasi yang luas

Bagaimana menurut anda memperoleh wawasan dan informasi secara otodidak dan melalui bantuan orang lain? Mungkin sebagian pelajar ada yang memilih otodidak karena tidak suks dengan kegiatan sosial. Namun tidak ada salahnya jika melalui bantuan orang lain salah satunya dengan memanfaatkan berorganisasi.

Setiap pilihan memang dibolehkan, tetapi bukankah lebih efektif dan efisien jika melalui bantuan orang lain. Bukan karena tidak suka belajar dan berusaha, tetapi melihat dari sudut pandang yang berbeda. Mungkin dari sini muncul pembelajaran yang baru dan menginspirasi.

Oleh karena itu manfaatkan organisasi sebaik mungkin. Galilah wawasan dan informasi anda sebanyak mungkin dari senior anda. Dengan begitu anda tidak perlu menapaki jalan berliku yang menyusahkan dan melelahkan. Bagaimana?

9. Media berlatih saling menghargai pendapat orang lain

Seiring luasnya informasi dan pengalaman rasanya tidak heran jika nantinya bisa timbul berbagai pendapat yang berbeda-beda. Ini adalah wajar dan seharusnya menjadi bukti bahwa kemampuan seseorang berkembang dengan baik dan kreatif.

Berkaitan dengan hal ini maka di dalam organisasi seorang pelajar dilatih cara menyampaikan apa yang menjadi pendapatnya. Selain itu anda juga dilatih untuk menghargai pendapat orang lain. mengapa?

Pada dasarnya manfaat berorganisasi bisa mengumpulkan ide sebanyak-banyaknya. Selanjutnya ide tersebut disaring dengan melalui proses diskusi ilmiah sehingga diperoleh ide yang terbaik. Oleh karena itu organisasi juga berperan memotivasi anggotanya untuk berpikir kreatif dan inovatif sehingga dapat mengalahkan ide temannya dengan cara yang benar dan adil di samping menghargai pendapat orang lain.

Kesimpulan
Meskipun terdapat beberapa dampak negatif berorganisasi bagi pelajar oleh sebagian orang tua. Namun bukan berarti itu menghalangi anda untuk maju dan berkembang. Kenyataannya masih banyak organisasi yang bisa anda ikuti. Oleh karena itu pilihlah organisasi yang sekiranya terbaik untuk anda dan tunjukkan ada orang tua anda bahwa manfaat berorganisasi bagi pelajar banyak sekali. Buktikan juga itu dengan prestasi anda disekolah dan juga diorganisasi sehingga mereka memandang anda dengan pendangan yang takjub. Bagaimana?

Belum ada Komentar untuk "9 Manfaat Berorganisasi bagi Pelajar yang Mencerdaskan"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel