Inilah 10 Kebiasaan Buruk Pelajar Di Sekolah

Berkaitan dengan kebiasaan buruk seorang pelajar disekolah sepertinya hal inilah yang sering dikeluhkan oleh para guru atau tenaga pendidik. Bagaimana tidak seorang guru yang telah bersusah payah memberikan teladan yang baik dan konsisten dengan hal tersebut dengan harapan anak didik atau para murid dapat mencontoh kebiasaan baik apa yang sering dilihatnya. Bukan itu saja bahkan terkadang seorang guru harus mengorbankan sebagian materi untuk memotivasi para murid agar dapat menjadi pelajar teladan.

Namun demikian nampaknya hal tersebut sering tidak berjalan lancar. Adanya pengaruh teman maupun teknologi sedikit banyak mempengaruhi mental dan pola pikir pelajar. Di samping itu kurangnya perhatian orang tua sering menjadi batu sandungan untuk menjadikan siswa pelajar yang baik. Akibatnya mereka menjadi pelajar dengan kebiasaan buruk yang menyedihkan perasaan para guru.

Inilah 10 Kebiasaan Buruk Pelajar Di Sekolah

Kebiasaan buruk pelajar disekolah


1. Kebiasaan mengantuk di dalam kelas

Sebenarnya bukan masalah ketika ada pelajar yang sering begadang untuk belajar. Bagaimanapun juga mata yang digunakan untuk belajar biasanya memiliki daya tahan terhadap kantuk. Mungkin karena kegiatan yang bermanfaat itulah yang menjadikan mata tidak mudah mengeluh. Makanya tidak heran jika orang yang sering berbuat kebaikan dimalam hari badannya malah terlihat lebih segar seperti begadang untuk sholat malam.

Ini akan berbeda jika dimalam hari dihabiskan untuk menonton TV, bermain game online, atau nongkrong yang dipinggir jalan. Mereka akan susah bangun jika sudah tertidur bahkan yang lebih menyedihkan mereka bisa tidur hingga siang hari.

Jika hal ini menimpa pelajar kita tentu ini menjadi berita buruk bagi seorang guru. Coba bayangkan guru yang baik sering menghabiskan waktu dirumah untuk belajar juga. Sedangkan di dalam kelas sang guru menerangkan pelajaran dengan semangat dan motivasi. Akan tetapi ketika melihat anak didiknya sering mengantuk diruangan kelas sedih dan marah seorang guru sering muncul. Makanya tidak heran jika guru dapat mendo’akan jelek kepada pelajar tersebut. Inilah yang mungkin menjadi sebab seorang murid susah menuju pelajar yang sukses.

2. Kebiasaan menyontek

Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk menjadi pelajar yang sukses dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan. Mungkin anda sering melihat atau mengamati seorang pelajar yang mengharuskan diri belajar 5 jam sehari sedangkan waktu bermain atau jalan-jalan mereka kurangi. Coba anda pikirkan apa yang mereka jadikan target masa depan sebagai pelajar? Dari sini mungkin anda bisa mengambil pelajaran berharga bahwa untuk menjadi pelajar yang baik mereka harus rajin belajar dan menghindari menyontek.

Meskipun begitu ternyata kebiasaan menyontek bagi pelajar tetap berjalan. Padahal jika dilihat dari sisi manapun berdampak sangat buruk. Misalnya mereka akan mudah untuk berbohong, tidak mau belajar bahkan yang paling parah mereka tidak memperdulikan masa depan. Inilah yang menjadi sebab mengapa banyak pelajar dinegeri ini kalah bersaing didunia internasional.

3. Kebiasaan malas menulis, jangan asal fotocopy

Mengenai menulis materi pelajaran memang pelajar dibolehkan untuk tidak mencatat materi penting selama dia memiliki buku induk pengajaran. Masalahnya kebiasaan pelajar yang tidak rela mengeluarkan uang untuk membeli buku itulah yang menjadi hambatannya. Mereka hanya biasa membeli buku latihan yang tipis sehingga tidak heran jika potensi materi yang disajikan hanya berupa garis besar saja dan tidak terperinci lebih dalam.

Meskipun begitu mereka masih enggan untuk menulis materi yang penting. Makanya tidak jarang seorang guru menemukan anak didik/siswa dalam keadaan bingung dan lupa materi pelajaran setelah berlalu beberapa hari. Inilah yang membawa dampak buruk kalau mendekati masa ujian sekolah tiba.


4. Berangkat ke sekolah siang sehingga terlambat masuk kelas

Satu hal lagi yang membuat kecewa para guru adalah kebiasaan masuk sekolah / kelas terlambat. Memang tidak berdampak langsung pada kekuatan daya ingat, tetapi jika terus menerus dilakukan maka motivasi dan minat belajar akan melemah. Akbatnya mereka tidak memandang kegiatan belajar adalah sesuatu yang penting lagi.

5. Kebiasaan buruk menggambar di setiap buku, membuat kamu tidak fokus

Suka menggambar pada dasarnya bukanlah larangan bagi seorang pelajar. Bahkan dalam beberapa keadaan seperti lomba menggambar atau desain grafis hal tersebut sangat disarankan. Akan tetapi jika kebiasaan itu berlangsung disaat jam pelajaran berlangsung tentu akan membuat konsentrasi menghilang.

Atau menggambar dimedia buku, meja, kursi atau tembok sekolah tentu sesuatu yang tidak bisa disepelekan. Pasalnya kebiasaan ini dapat membuat pelajar hilang kendali untuk mengetahui apa yang terpenting bagi seorang pelajar disekolah.


6. Saat ada ulangan atau praktek sering melakukan ijin

Bukan hal yang wajar bagi seorang pelajar untuk lari dari pelajaran sang guru. Meskipun ada ulangan atau praktek seorang pelajar seharusnya siap untuk berkompetisi. Dengan begitu akan terlihat jelas mana pelajar yang cerdas dan mana pelajar yang masih butuh tambahan bimbingan belajar berdasarkan nilai yang dihasilkan.

Adalah guru menilai pelajar dari beberapa faktor tidak semata mengacu pada hasil ujian. Namun sang guru juga melihat dan mengamati keseharian pelajar disekolah. Jika saat ujian atau praktek berlangsung dan ada siswa yang sering ijin ini justru membuat guru kesulitan untuk memberikan nilai tambah. Oleh karena itu sebagai pelajar percaya diri saja pada kemampuan yang anda miliki.

7. Sering berbicara dikelas

Pada dasarnya berbicara dikelas adalah sesuatu yang baik seperti berbicara saat ditanya oleh guru atau berbicara di depan kelas untuk menjelaskan materi pelajaran. 2 hal ini bisa menjadikan pelajar lebih percaya diri dan tidak mudah grogi.

Namun lain halnya jika sering berbicara dikelas ini berlangsung saat guru anda memberikan pengajaran. Kebiasaan ini akan membuat konsentrasi hilang dan materi pelajaran yang disampaikan menjadi kurang berkesan. Akibatnya kemungkinan besar anda tidak akan ingat atau paham jika ditanya oleh guru atau ketika ujian berlangsung. Maka lihatlah hasil yang anda dapatkan.


8. Sering ke kamar kecil

Tidak ada larangan bagi pelajar untuk ijin ergi ke kamar kecil. Namun bukan hal yang baik untuk sering dilakukan saat jam pelajaran berlangsung. Ada baiknya anda mengkondisikan tubuh anda untuk pergi ke kamar kecil saat jam istirahat berjalan. Dengan begitu anda tidak akan kehilangan materi penting yang dijelaskan oleh guru anda.

9. Buang sampah sembarangan

Merupakan hal yang menyenangkan bagi guru atau orang tua jika keadaan sekolah bersih, rapi dan nyaman. Berkaitan dengan hal ini kebiasaan yang sangat penting adalah tidak membuang sampah sembarangan. Dari pada membuang sampah sembarangan lebih baik membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu potensi pakaian anda bersih lebih terjaga karena sampah tidak berserakan dimana-mana.

10. Sering berkelahi

Sesuatu yang cukup menyedihkan adalah ketika sang guru melihat siswanya tawuran/berantem. Guru akan merasa gagal mendidik siswa menjadi pelajar yang baik. padahal segala waktu disekolah sudah dicurahkan untuk menjadikan anak didiknya menjadi pelajar yang cerdas terpelajar. Mungkin juga faktor lingkungan yang mempengaruhi oleh karena sudah sepantasnya guru dan orang tua bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga palajar hanya fokus pada target berprestasi.

Sebagai pelajar anda perlu tahu bahwa dalam dunia pendidikan perbuatan yang tidak membangun kecerdasan hanya berdampak buruk. Oleh karena itu jangan berkelahi disekolah yang bisa merugikan waktu dan kualitas pembelajaran dan mulailah mengenai Ciri-ciri Pelajar yang Baik dan Cara Meraihnya, siap?

Baca: Kenali Ciri-ciri Pelajar yang Baik dan Cara Meraihnya

Kesimpulannya, terlepas dari peraturan dan tata tertib yang ditentukan oleh sekolah sudah semestinya anda melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Patuh pada peraturan menjadikan anda mudah dalam pendidikan dan pembelajaran disekolah. Adapun kebiasaan buruk disekolah yang pernah anda lakukan cepat-cepat anda tinggalkan supaya anda tidak menyesal setelah keluar dari sekolah tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 10 Kebiasaan Buruk Pelajar Di Sekolah"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel