Inilah 6 Penyebab Daya Ingat Lemah atau Menurun

Sebagai manusia mempunyai daya ingat yang lemah adalah musibah. Bagaimana tidak sesuatu yang bisa dilakukan lebih cepat dan lebih baik hanya tinggal harapan karena jeleknya kinerja otak. Seperti yang kita tahu bahwa pendidikan di sekolah membutuhkan kecerdasan yang kuat. Di samping tidak akan dibilang bodoh oleh guru dan teman juga membantu pelajar meraih juara kelas.

Bukan hanya itu saja di luar pendidikanpun daya ingat yang lemah membawa persoalan yang serius. Selain diremehkan orang lain juga keberadaan kita dimasyarakat tidak harapkan bahkan hanya sebagai angin lalu yang harus mengikuti perkataan orang lain.

Berkaitan dengan hal tersebut tentu saja anda tidak ingin mengalami kejadian tersebut. Oleh karena itu kenalilah penyebab daya ingat melemah. Bukan untuk membuka aib dan semacamnya, tetapi dengan harapan daya ingat dapat ditingkatkan menjadi lebih kuat.

Inilah 6 Penyebab Daya Ingat Lemah atau Menurun

Penyebab Daya Ingat Lemah Atau Menurun


1. Pikiran negatif

Dari sekian banyak sebab lemahnya daya ingat rasanya pikiran negatif bisa menjadi pemicunya. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar orang cerdar yang terpelajar selalu melakukan aktifitas yang positif dan berguna. Tidak hanya untuk menghabiskan waktu, tetapi juga untuk mengasah kreatifitas dan inovasi.

Tentunya ini berbeda dengan mereka yang memiliki pikiran negatif. Mereka disibukkan dengan hal-hal sepele yang tidak bermanfaat. Menghabiskan waktu untuk pornografi adalah salah satunya.

Berkaitan dengan hal tersebut maka semakin jelas bahwa pola pikir yang positif dan bermanfaat meningkatkan kinerja otak dalam hal daya ingat.

2. Tidak dilatih

Bagaimanapun juga bakat kecerdasan yang dimiliki, tetapi jika tidak diasah dia akan menurun. Berharap daya ingat kuat sementara mengabaikan latihan otak adalah percuma. Sebanyak apapun anda menyangkal waktu yang berlalu akan membuktikannya.

Oleh karena itu biasakan otak dilatih melalui hal-hal yang bermanfaat. Melakukan permainan yang menunjang kinerja otak (seperti catur atau sudoku) boleh dilakukan. Namun perlu dingat bahwa latihan daya ingat yang paling efektif adalah melakukan cara belajar yang baik dan betul. Dengan begitu otak diarahkan untuk berpikir imajinatif sehingga kreatifitas dan inovatif akan terbentuk.

3. Kurang istirahat

Walaupun istirahat adalah sesuatu yang dilakukan oleh banyak orang, tetapi kenyataannya batasan waktu untuk istirahat menjadi persoalan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sebagian pakar kesehatan menganjurkan istirahat (tidur) 6-8 jam sehari.

Di samping untuk merenggangkan otot yang kaku istirahat juga berguna untuk menghilangkan perasaan lelah, letih, dan stress. Oleh karena itu jika waktu istirahat terlalu singkat otak mudah tidak fokus karena kecapekan. Jika hal ini terus berlanjut bukan tidak mungkin daya ingat anda akan terus menurun.

4. Pola hidup tidak rapi

Meskipun pola hidup rapi bukan sebab utama daya ingat anda lemah. Namun jika dilihat lebih dalam aktifitas ini boleh dimasukkan cara mengacaukan kinerja otak. Bagaimana tidak, pola hidup ini membawa pelakunya untuk berpikir terlalu santai sehingga fokus otak akan semakin berkurang.

Selain itu banyaknya hal disekitar anda yang berantakan entah itu baju-baju, buku-buku atau perabotan rumah boleh jadi membawa anda tidak suka berpikir. Jika otak tidak mau berpikir hal yang paling menakutkan jelas daya ingat anda akan melemah.

5. Nutrisi untuk otak sedikit

Dalam hal apapun tubuh yang baik adalah yang nutrisinya tercukupi. Tidak hanya nutrisi untuk otot, tetapi untuk otak juga sangat penting. Bagaimanapun juga otak memegang peranan penting bagi tubuh untuk beraktifitas. Oleh karena itu jangan sepelekan makanan yang anda makan.

Imbangi asupan makanan anda dengan banyak mengandung vitamin yang baik untuk otak. Boleh dengan ikan, daging, telur, kismis dan lain-lain. Dengan begitu kemampuan daya ingat anda akan meningkat.

6. Rokok, Alkohol atau Obat-obatan Terlarang

Rokok saat ini merupakan kebiasaan yang memprihatinkan untuk semua orang tak terkecuali para remaja. Begitu juga alkohol dan obat-obatan terlarang yang mulai merasuki jiwa para pemuda.

Sebagai orang yang cerdas terpelajar tidak seharusnya membiarkan mereka teru menerus. Selain akan berdampak buruk pada otak kemampuan berpikir mereka lambat laun akan berkurang. Akibatnya daya ingat lemah tak bisa dihindari.

Oleh karena itu bagi anda yang menginginkan daya ingat yang kuat sebaiknya menghindari 3 hal tersebut. Di samping tidak bermanfaat bagi orang lain hal tersebut terbukti menggerogoti kesehatan badan dan otak anda. Jadi waspadalah!

Kesimpulan
Oleh karena itu dengan memperhatikan penyebab tersebut anda tidak mengeluhkan kondisi otak anda. Bagaimanapun juga kemampuan otak dapat ditingkatkan. Yang terpenting dari hal itu anda harus menemukan cara cerdas menjadi orang pintar untuk mengatasi daya ingat yang lemah.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 6 Penyebab Daya Ingat Lemah atau Menurun"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel