Tips Jitu Cara Mengatur Waktu bagi Pelajar yang Berkualitas

Sebagai pelajar mengatur waktu belajar adalah sangat penting. Di samping memudahkan anda dalam belajar secara efektif ternyata juga berguna untuk mengetahui letak kelemahan anda dalam hal belajar. Pernahkah anda mengalami kesulitan atau gangguan belajar yang menyusahkan? Tentu dengan hal tersebut anda tidak akan mencapai pembelajaran yang maksimal dan optimal. Mengapa?

Sering kita melihat bahwa banyak pelajar yang kurang memperhatikan pengaturan waktu yang dimilikinya. Mereka lebih mudah menghabiskan waktu luang berharga mereka untuk hal yang kurang bermanfaat. Parahnya lagi jika waktu tersebut dihabiskan untuk hal-hal yang sia-sia seperti bermain atau nongkrong dipinggir jalan. Akibatnya mereka mereka tidak maksimal dalam hal pendidikan. Selain itu nilai akademis yang mereka peroleh bisa sangat mengecewakan. Kalau berimbas pada kekecewaan orang tua kepada anda bagaimana?

Berita gembiranya, ada beberapa cara yang bisa anda perhatikan supaya waktu yang anda miliki benar-benar berharga untuk dunia pendidikan sekolah/ kuliah anda.

Tips Jitu Cara Mengatur Waktu bagi Pelajar yang Berkualitas

Cara Mengatur Waktu bagi Pelajar


1. Perhatikan semua daftar kegiatan keseharian anda

Memang dalam hal apapun sebuah konsep sangatlah diperlukan. Di samping persiapan semakin matang juga meningkatkan kualitas sebuah hasil. Begitu juga dalam hal cara mengatur waktu bagi pelajar. Seorang pelajar yang cerdas hendaklah memperhatikan apa yang menjadi tugas atau kegiatan sehari-harinya. Dengan begitu pekerjaan anda semakin sempurna, efektif dan efisien.

Mungkin anda pernah menyepelekan sebuah daftar kegiatan keseharian? Apa yang anda dapatkan setelah itu? Kepuasan atau penyesalan? Apakah ada hasil yang maksimal?

Berkaca dari masa lalu pun itu bukan menyelesaikan masalah. Anda harus mencoba menatap ke masa depan. Cobalah untuk meningkatkan produktifitas pembelajaran anda sehingga anda menjadi pelajar cerdas yang benar-benar sukses.

Oleh karena itu buat daftar kegiatan anda. Silahkan pilih dan pilahkan semua kegiatan tersebut. Kontrol seberapa cepat atau lambat, mudah atau sulit serta segera atau bisa diundur. Dengan begitu anda bisa menyelesaikan semua tugas tersebut dengan persiapan dan menghadirkan kualitas yang maksimal.

2. Lakukan pengorbanan secara cerdas

Mencoba untuk menjadi juara kelas atau mendapatkan nilai yang baik disekolah tidak akan terwujud tanpa mengorbankan sesuatu. Oleh karena itu penting bagi pelajar untuk pelit dalam hal bermain yang kurang bermanfaat.

Mulailah menganalisa waktu anda. Jangan biarkan waktu anda berlalu tanpa menghasilkan sebuah kemanfaatan yang membanggakan. Usahakan anda untuk tidak terjebak pada hal-hal yang bersifat menurunkan semangat dan motivasi belajar. Bermain dengan hal yang menguras uang dan waktu yang tidak bermanfaat seperti PS atau game online harus dihindari supaya tidak membawa efek buruk dipikiran anda dalam memandang masa depan.

3. Mengatur prioritas tugas

Sebenarnya seorang pelajar boleh melakukan semua pekerjaan diwaktu manapun. Namun bukan pilihan yang cerdas jika anda tidak memperhatikan keadaan tugas tersebut. Hanya mengandalkan semangat saja tidaklah cukup. Anda membutuhkan skala prioritas untuk dikerjakan. Mengapa?

Serangkaian proses kegiatan memang boleh dilakukan secara acak, tetapi jika tidak menghasilkan kualitas yang maksimal anda bisa menyesal. Oleh karena itu cara mengatur waktu harus diterapkan dengan segera. Dengan begitu kesempatan anda menjadi pelajar yang sukses terbuka lebar.

Anda bisa memulai dari pembagian seperti ini. Misalnya pekerjaan membantu orang tua mencuci piring atau baju bisa anda kerjakan diwaktu mood belajar anda lemah. Biasanya ini terjadi disiang hari. Sedangkan kalau ada PR sekolah ringan yang dapat diselesaikan dengan cepat maka langsung prioritaskan dikerjakan selepas pulang sekolah atau kuliah. Jangan suka menunda pekerjaan yang dapat mengakibatkan anda jenuh menyelesaikannya karena tugas tersebut menumpuk dan membutuhkan penyelesaian dalam waktu yang segera. Biasakan anda menyelesaikan tugas secara bertahap agar membentuk anda menjadi pelajar yang mandiri.

Adapun kalau ada PR yang menguras pikiran usahakan dikerjakan pada waktu yang tenang dan tempat hening. Begitu juga dengan belajar anda tentang membaca atau menghafal waktu malam atau subuh biasanya lebih efektif untuk cepat dikuasai otak. Dengan begitu cara belajar efektif anda benar-benar jitu. Sedangkan masalah jalan-jalan atau bermain usahakan hanya sebentar disiang hari misalkan 1-1,5 jam. Kalau memungkinkan khususkan saja waktu santai anda dihari libur.

4. Membagi tugas yang panjang dalam kegiatan yang lebih kecil

Sebagian tugas memang tidak bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat. Seperti karya ilmiah atau skripsi yang tidak bisa diselesaikan dalam waktu sehari karena membutuhkan penelitian dan masukan dari beberapa sumber.

Berkaitan dengan hal inilah pelajar harus pintar dalam mengatur waktu. Jika harus diselesaikan dalam waktu yang panjang maka sebaiknya tugas tersebut dibagi ke dalam beberapa sub tugas yang lebih kecil. Walaupun harus berpikir lebih keras dan rumit, tetapi pada dasarnya tugas tersebut akan lebih baik dan lebih mudah. Selain itu kualitas yang dihasilkan akan lebih berkualitas.

5. Jangan takut untuk mengatakan ‘TIDAK’

Pada kenyataannnya seorang pelajar memang harus memiliki banyak teman. Selain mengetahui ilmu lebih banyak dan pengalaman cara belajar semakin komplek. Juga mengetahui berbagai kesulitan belajar yang sering menghantui para pelajar. Sehingga anda tahu cara mengatasinya.

Namun bagaimana jika ada teman yang memiliki pandangan berbeda dengan anda? Mereka lebih suka jalan-jalan atau nongkrong dipinggir jalan sedangkan mereka lebih malas belajar dari anda. Apa yang akan anda lakukan ketika mereka mengajak keluar jalan? Menolak atau menerima?

Setiap pilihan memang memiliki resiko dan akibat. Oleh karena itu pilihan cerdas anda sangat menentukan. Sekedar saran jika mereka mengajak anda keluar main/jalan sedangkan itu dihari libur dan hal yang positif (olah raga, belajar blogging atau rekreasi) maka boleh anda lakukan. Namun jika ajakan mereka bukan dihari libur dan bersifat negatif (merokok, game online atau minum minuman keras) maka abaikan. Jangan terpedaya oleh rayuan yang akan membuat anda menyesal tidak bisa menggapai cita-cita masa depan. Jangan malu untuk mengucapkan “TIDAK” kepada mereka.

6. Luangkan waktu untuk kegiatan kreatif dan produktif

Mengatur waktu bagi pelajar bukan sekedar tugas sekolah atau rumah. Memang kedua tugas itu sangat penting, tetapi alangkah baiknya anda meluangkan waktu sehari atau setengah hari pada setiap minggu untuk belajar hal yang meningkatkan keterampilan anda sebagai pelajar. Memanfaatkan waktu tersebut sedikit banyak akan menambah produktifitas anda dibidang yang lain.

Anda bisa mencoba mengenali minat atau keterampilan yang anda tertarik seperti olah raga (footsal, renang, bulu tangkis atau tenis meja) atau kerajinan tangan (menulis, mendesain gambar atau fotografi). Dengan cara ini anda bisa berkembang menjadi pelajar cerdas dengan keterampilan yang luar biasa untuk menghasilkan kreatifitas membanggakan.

7. Miliki istirahat yang efektif

Terlepas dari banyaknya tugas sekolah atau kegiatan di luar sekolah yang penting ada baiknya anda memperhatikan waktu istirahat anda. Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas dengan buru-buru. Walaupun bisa cepat selesai, tetapi biasanya hasil yang diperoleh kurang maksimal karena kerja otak semakin menurun.

Jika tugas yang anda miliki benar-benar banyak maka mengatur waktu sangatlah penting. Gunakan waktu istirahat secara efektif dan efisien. Salah satunya anda memperhatikan waktu tidur. Biarpun terkesan tidak ada hubungan langsung dengan tugas. Namun bisa berdampak positif bagi kinerja otak, mata dan tubuh. Sehingga apa yang anda lakukan benar-benar mempunyai imajinasi, inovasi, kreatifitas yang tinggi untuk menghasilkan tugas yang memuaskan.

Kesimpulan
Meskipun manajemen waktu bagi pelajar merupakan tugas yang sulit. Namun saya percaya anda dapat melakukannya. Terlebih jika anda memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi untuk menggapai cita-cita masa depan. Selain itu selalu perhatikan apa yang anda lakukan apakah bermanfaat atau sekedar hura-hura. Dengan begitu cara mengatur waktu bagi pelajar yang anda kerjakan benar-benar efektif dan efisien. Bagaimana, punya tips lainnya?

Belum ada Komentar untuk "Tips Jitu Cara Mengatur Waktu bagi Pelajar yang Berkualitas"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel