Tips Jitu Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Disekolah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kesuksesan pendidikan siswa disekolah tergantung pada sang guru. Bagaimana guru mengajar sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa apakah meningkat atau menurun. Dari situlah akan terlihat konsentrasi belajar sebagai acuan.

Sebagai seorang guru tentu paham betul bahwa mental belajar siswa adalah berbeda-beda. Sebagian memiliki motivasi yang besar sedangkan sebagian yang lain terlihat jenuh dan malas belajar. Makanya tidak heran jika mereka cara duduk mereka juga berbeda. Siswa yang malas cenderung mudah melamun bahkan sering gaduh saat jam belajar berlangsung.

Perlu kita ketahui bahwa guru yang baik adalah guru yang mampu menumbuhkan motivasi belajar para siswanya. Mengapa demikian? Tentu saja karena hal tersebut dapat meningkatkan minat belajar dan cita-cita mereka menuju masa depan.

Tips Jitu Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Disekolah

5 Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa


1.  Menjanjikan nilai akademik yang tinggi

Tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan utama siswa belajar disekolah adalah mendapatkan nilai akademik yang tinggi.  Namun untuk tujuan tersebut tidaklah mudah. Bagaimana tidak sebagian siswa sering dihadapkan pada kondisi kelas yang tidak kondusif. Terdapat banyak suara gaduh yang diakibatkan oleh segelintir siswa.

Keadaan ini tentu saja bukan hal yang baik terutama bagi siswa sehingga seringkali konsentrasi menurun akibat target belajar hilang. Jika hal ini terus berlanjut sudah bisa dipastikan nilai akademik mereka akan menurun.

Berkaitan dengan itu peran guru sangat dibutuhkan untuk mengendalikan situasi. Sebagai seorang guru anda dapat menjanjikan nilai tinggi sebagai motivasi. Namun pertanyaannya, Apakah cara tersebut masih ampuh bagi mereka? Seperti yang banyak beredar bahwa mental mencontek mulai menghantui dunia pendidikan.

Meskipun demikian anda tidak perlu khawatir, menjanjikan nilai akademik yang tinggi masih berguna. Tentu saja dengan beberapa catatan penting. Usahakan siswa anda menerapkan sifat dan sikap jujur. Dengan begitu mereka akan berusaha mendapatkan nilai akademik tinggi melalui proses belajar.

2.  Memberikan hadiah

Dalam proses belajar mengajar kita pasti tahu bahwa tidak semua pelajaran dapat dipelajari dan dikerjakan dengan rasa suka. Ada beberapa pelajaran yang memang menurut para siswa susah dan menjenuhkan.

Merupakan tugas yang sulit bagi kita jika mengharapkan mereka mau belajar sementara motivasi mereka tidak ada. Apalagi mengidamkan mereka mendapatkan nilai akademik yang tinggi. Tidak mungkin juga bagi kita untuk memerikan hasil maksimal sementara mereka kesulitan belajar.

Namun demikian bukan berarti tidak ada cara pemecahannya. Anda bisa menjanjikan sebuah hadiah bermakna diakhir semester. Boleh anda berikan buku-buku yang susah dicari, tetapi sangat berguna didunia pendidikan. Bisa rumus rahasia matematika atau buku motivasi orang sukses.

3.  Mengingatkan tujuan dan target belajar untuk masa depan

Menunjukkan hal yang wajar dan bahkan harus untuk memiliki cita-cita besar bagi semua orang terutama siswa yang masih sekolah. Jika ada siswa yang tidak memiliki cita-cita itu malah tampak aneh. Ibarat mau berkunjung ke suatu tempat, tetapi tidak ada tempat yang dipilih. Tentu saja hanya terlihat berjalan dihutan belantara tanpa ujung.

Akibatnya mereka tidak belajar secara benar bahkan cenderung bermalas-malasan. Dalam hal ini guru tidak boleh diam saja. Anda harus mengarahkan mereka menemukan tujuan dan target belajar demi masa depan mereka. Bertanyalah dengan hal yang ingin mereka capai saat mereka besar.

Setelah itu anda bisa memulai dengan penjelasan dan proses menuju cita-cita tersebut. Contoh : jika mereka ingin menjadi dokter maka anda harus menjelaskan bahwa seorang dokter harus memiliki jiwa sosial tinggi, nilai akademik tinggi, daya ingat tinggi dan lain-lain.

Meskipun syaratnya berat anda harus menyakinkan mereka bahwa target tersebut adalah relistis dan dapat diwujudkan dengan cara belajar efektif. Dengan begitu mereka yakin dan percaya diri dengan kemampuan mereka.

4.  Menceritakan kisah orang-orang sukses

Sudah menjadi tabiat manusia bahwa melakukan hal yang menyusahkan secara sendirian adalah berat. Jangankan dilakukan dibayangkan saja sudah beban mental. Pada kenyataannya masalah ini menjadi menakutkan bagi sebagian siswa dalam belajar.

Mereka harus belajar sementara sebagian mereka malas belajar. Kerena itulah belajar menjadi hal yang menjengkelkan. Bagaimana tidak mereka harus belajar dengan kerja keras sementara yang lain bersantai seolah-olah selain dia tidak ada yang memiliki tujuan dan target belajar.

Melihat kenyataan ini pasti berdampak pada motivasi belajar mereka dikelas. Cara efektif yang dapat digunakan adalah memberikan cerita atau kisah orang-orang sukses. Bagaimana kesuksesan harus melalui proses belajar keras, banyak berlatih dan memiliki semangat pantang menyerah yang dahsyat.

Anda bisa menceritakan kisah Thomas A Edison yang harus bereksperimen sekitar 1000 kali baru menemukan karya mendunia “Lampu Pijar”. Atau tentang sesorang yang setiap hari mampu membaca sebanyak 2000 halaman.

5.  Gunakan kata-kata motivasi belajar

Untuk menumbuhkan motivasi belajar tidak ada salahnya anda menambahkan kata-kata motivasi. Bukan hal yang sulit untuk menemukan kata-kata seperti itu. Anda dengan mudah menemukannya dari kata-kata seorang motivator.

Di luar sana terdapat motivator yang menarik seperti Mario Teguh, Andri Wongso, Tung Desem Waringin, Bong Chandra atau Merry Riana yang populer. Mengambil pelajaran dari mereka sedikit banyak akan menumbuhkan minat belajar para siswa dan semangat mengajar anda sendiri.

Meskipun motivasi belajar siswa terkadang turun terkadang naik bukan berarti harus dimaklumi begitu saja sehingga terkesan tidak peduli. Kenali masalah belajar siswa secara mendalam dan orang per orang karena masalah belajar masing-masing siswa berbeda. Dengan begitu anda bisa menentukan cara menumbuhkan motivasi belajar secar lebih efektif. Bagimana menurut anda?

Belum ada Komentar untuk "Tips Jitu Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Disekolah"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel