Tips Mudah Cara Belajar Efektif yang Jarang Di Perhatikan

Pada jaman sekarang memiliki pendidikan yang tinggi sudah menjadi prioritas orang tua untuk anak-anak mereka menggapai masa depan. Maka tidak heran kita akan menjumpai orang tua yang rela membanting tulang siang dan malam untuk tujuan tersebut. Mereka dengan senang hati menyisihkan sebagian gaji supaya anak mereka menjadi anak yang cerdas.

Pada kenyataannya sebagian pelajar kesulitan untuk menerima pelajaran dengan baik. Materi sulit dipahami baik maksud atau tujuannya. Tentu saja ini menjadi pertanda buruk jika tidak segera diatasi.

Namun hal yang menggembirakan adalah anda dapat mengatasi kesulitan tersebut dengan tips dan cara belajar yang efektif. Pada dasarnya metode ini dibedakan menjadi 2 kelompok yang masing-masing harus dipraktekkan.

Tips Mudah Cara Belajar Efektif yang Jarang Di Perhatikan

Tips Mudah Cara Belajar Efektif


Persiapan sebelum memulai belajar efektif
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal selalu membutuhkan persiapan matang. Begitu juga masalah belajar efektif. Setidaknya ada 4 hal yang harus dipersiapkan yaitu

1. Waktu belajar

Tidak dapat disangkal bahwa kemampuan seseorang menerima pelajaran berbeda-beda. Salah satu yang pokok adalah tingkat IQ (Intelligent Query) yang berbeda-beda. Perbedaan ini tetap harus diterima dengan rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa.

Memperhatikan kondisi tersebut anda tidak harus bersedih jika memiliki tingkat IQ yang rendah. Anda masih bisa menyerap pelajaran dengan baik dengan memperhatikan waktu belajar. Waktu ini akan menjadi pembeda dari suatu hasil belajar.

Waktu yang paling baik adalah saat fajar jam 03.00-subuh. Waktu ini digunakan oleh sebagian orang untuk istirahat. Namun jika anda dapat memaksimalkannya anda akan mudah menyerap pelajaran. Selain itu waktu yang lain adalah sore hari sebelum maghrib di mana orang mulai menghentikan aktifitas pekerjaan.

2. Suasana belajar

Sedikit berbeda dengan waktu belajar suasana belajar cenderung memperhatikan kondisi fisik dan hati seseorang. Jika anda sedang kelelahan, sedih atau gundah selama apapun anda belajar tidak akan membuahkan hasil yang baik.

Oleh karena itu anda harus cerdas mengkondisikan suasana hati anda jangan biarkan kesedihan atau kegalauan masuk kehati anda pada saat yang salah. Menjadi anak penurut dan menjadi anak yang rajin dan sholeh akan mengurangi kegalauan yang anda rasakan.

3. Tempat untuk belajar

Jika anda ingin belajar dikamar maka pastikan bahwa kondisinya tidak berantakan. Tidak ada sampah atau pakaian yang berserakan. Di samping itu meja yang digunakan harus luas cukup untuk anda meletakkan buku dengan rapi.

Usahakan pula ada lampu belajar sendiri. Mengapa? Karena cahaya yang digunakan lebih stabil sehingga dalam belajar anda mendapatkan posisi ideal untuk membaca. Posisi yang ideal akan mengurangi resiko mata kelelahan sebelum waktunya.

4. Durasi belajar

Dahulu ketika saya masih pelajar SMA guru saya selalu menggambarkan bahwa pelajar seharusnya belajar 4-5 jam sehari(di luar jam sekolah). Itu adalah durasi yang ideal bagi pelajar. Maka tidak heran jika pelajar yang menerapkan cara ini menjadi garda terdepa meraih juara umum disekolah.

Meskipun durasi ini panjang, tetapi anda tidak harus menerapkannya dalam satu waktu dan tidak boleh dalam satu waktu. Kenapa? Sederhana saja waktu 4-5 jam akan membuat mata dan pikiran menjadi lelah.

Idealnya anda belajar bertahap yaitu masing-masing 1 jam. Jika setelah satu jam anda ingin meneruskan belajar sebaiknya anda kasih jeda 5-10 menit istirahat agar otak tidak mengencang.

Cara belajar menjadi efektif dan efisien

Setelah anda mematangkan persiapan belajar, maka langkah selanjutnya adalah saat sedang belajar. Bagaimana belajar menjadi efektif dan efisien? Setidaknya hal berikut ini akan memudahkan anda:

1. Tekad dan semangat yang kuat

Pada dasarnya orang lebih suka bersantai-santai. Sedangkan ilmu merupakan sesuatu yang mulia. Oleh karena itu tekad dan semangat harus menjadi jembatan meraih ilmu tesebut.

2. Bersungguh-sungguh

Semakin anda memiliki kesungguhan maka semakin ringan dalam belajar. Kesungguhan ini ibarat roda yang akan membantu menerjang semua halangan. Tanpa kesungguhan anda tidak akan mendapatkan sesuatu.

3. Konsentrasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa keefektifan suatu cara belajar bergantung pada besarnya konsentrasi yang anda keluarkan. Semakin anda konsentrasi maka semakin banyak materi yang dapat terserap.

Konsentrasi adalah keadaan di mana anda memusatkan pikiran pada satu pokok permasalahan dan menolak memikirkan permasalahan yang lain. Untuk dapat konsentrasi anda memerlukan faktor pendukung yaitu waktu belajar, suasana belajar dan tempat belajar yang baik.

4. Membuat ringkasan materi

Seperti kita ketahui bahwa akal manusia terbatas begitu pula dengan daya ingat yang dimiliki. Memaksakan menguasai seluruh materi dalam sekali baca adalah sulit. Bahkan bisa jadi dari setengah jam anda belajar mungkin yang dapat diserap otak hanya 3-5 menit saja. Oleh karena itu membuat ringkasan adalah solusi memaksimalkan potensi otak pada materi-materi penting. Selain itu ringkasan juga berfungsi benteng pembatas antara ide pokok dan pengembangannya.

Kesimpulannya
Setiap orang dikaruniai kenikmatan otak yang luar biasa. Seharusnya kendala cara belajar bukanlah alasan untuk anda tidak belajar. Belajar adalah penting dan harus dilakukan secara teratur. Oleh karena itu senang dengan pelajaran akan memudahkan anda memperoleh hasil yang maksimal. Itulah beberapa tips mudah cara belajar efektif, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mudah Cara Belajar Efektif yang Jarang Di Perhatikan"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel